2 Sep 2011

Suatu tim astronom yang dipimpin (co-led) oleh Mark Brodwin dan Peter Eisehardt, keduanya dari Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California, telah menemukan hampir 300 kluster (gugus) galaksi baru. Sekitar 100 diantaranya berjarak lebih dari 8 miliar tahun cahaya; terbentuk saat alam semesta masih berusia kurang dari separuh usianya sekarang. Penemuan ini menambah jumlah kluster galaksi berjarak sangat jauh hingga sebanyak enam kali dari jumlah yang semula diketahui.

Makin jauh sebuah kluster galaksi, makin muda pula usianya. Dengan demikian, kluster-kluster galaksi yang baru ditemukan itu masih berada pada tahap awal pembentukannya. Kluster biasanya memiliki sebuah galaksi yang paling masif, dimana bintang-bintangnya yang paling muda terbentuk. Dengan mempelajari sekian banyak kluster galaksi muda, astronom dapat mempelajar bagaimana bintang-bintang tahap awal terbentuk dan bagaimana kluster (dan galaksi-galaksi) berkembang.

Hasil ini dicapai dengan memanfaatkan kombinasi data infra merah dari Teleskop Antariksa Spitzer dengan koleksi citra optik yang dimiliki oleh National Optical Astronomy Observatory Deep Wide-field Survey di Observatorium Nasional Kitt Peak, Arizona. Penemuan tersebut dipresentasikan pada 5 Juni lalu pada pertemuan American Astronomical Society di Calgary, Canada

http://www.wattpad.com/127056-ditemukan-300-kluster-galaksi-baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar