14 Jun 2010

Fenomena Alam yang Sudah dan Akan terjadi di Tahun 2010!!


Beberapa fenomena alam menarik akan terjadi pada tahun 2010 diantaranya boleh dikategorikan sebagai 'luar biasa'.Ini adalah ramalan semata mata.Kita sebagai umat islam jangan dok percaya bulat2 pulak yer.

Berikut peristiwa langit yang bakal terjadi pada 2010 yang dipetik dalam laman web Space.com

15 Januari, gerhana matahari cincin paling lama

Gerhana matahari cincin akan terjadi pada Jumat 15 Januari 2010, khususnya di Afrika, India, dan China.(dah jadi dah pun)

Gerhana matahari cincin terjadi ketika Bulan berada jauh dari bumi sehingga piringannya kelihatan kecil dan tidak dapat menutupi seluruh piringan matahari.


Piringan matahari yang tertutup oleh piringan Bulan hanya bahagian tengahnya saja, sekitar 92 peratus, sehingga bahagian pinggir matahari tidak tertutup. Oleh itu, piringan matahari akan kelihatan dari muka bumi seperti lingkaran cincin yang bercahaya.

29 Januari, Planet Mars mendekati ke bumi

Hari itu, Planet Mars hanya sejauh 61,7 juta mil dari Bumi. Ini waktu terbaik untuk para pengamat langit untuk mengamati Mars dengan menggunakan teleskop.Mars tidak boleh diamati dengan mata kasar sahaja.Mars tidak akan kelihatan sebesar Bulan,jika kita melihat dari jarak jauh, Mars hanya seperti bintang kecil di langit.

16 Februari, Jupiter dan Venus akan kelihatan bersama

Seperti dua kapal yang melintasi senja, Venus dan Jupiter akan kelihatan bersamaan dengan jarak antara 5 derajat.Ketika itu Jupiter mendekati matahari, sementara Venus bergerak menjauhi sang suriya.

28 March sampai 12 April, Venus dan Merkurius seperti berpasangan

Dua planet ini akan merupakan pasangan menarik di langit barat dan barat laut ketika senja. Jarak dua planet ini hanya sekitar lima derajat. Venus muncul ke kiri dan sedikit di atas bayangan Mercurius. Pada tanggal 3 April, mereka akan kelihatan sangat dekat, hanya sedikit di atas 3 derajat.

6 Jun, dua fenomena menarik di Langit

Mars akan berjarak kurang dari satu derajat utara dari bintang biru Regulus.Fenomena ini akan mudah kelihatan di langit malam.


26 Jun, gerhana bulan parsial

Gerhana ini akan terjadi di Kepulauan Hawaii, barat Alaska, Australia, Selandia Baru, wilayah bahagian timur Malaysia dan Asia. Di lokasi-lokasi ini, akan kelihatan bahagian atas bulan gelap oleh bayangan Bumi.

11 July, Gerhana matahari penuh

Gerhana matahari penuh akan terjadi di 15 mil dari Tahiti dan Pulau Paskah. Sementara di sebuah titik lokasi di Samudera Pasifik Selatan, matahari tertutup penuh selama 4 minit dan 45 detik.

Awal Bulan Ogos, Trio Planet

Mars melewati kurang dari dua derajat di selatan Saturnus pada 1 Ogos. Kemudian, bayangan Venus hanya lebih dari 3 derajat ke selatan sembilan hari kemudian pada 8 Ogos.

Tiga planet itu akan membentuk apa yang Jean Meeus mendefinisikan sebagai "trio," ketika tiga planet yang sesuai dalam lingkaran dengan diameter minimum lebih kecil dari 5 derajat.

12 Ogos, Hujan Meteor Perseid

Hujan meteor tahunan ini akan terjadi di langit gelap, tanpa diintervensi cahaya bulan. Sekitar 90 meteor akan jatuh tiap jamnya.

21 September, Jupiter Besar dan Tinggi

Jupiter akan berada di langit tengah malam,iaitu pada oposisi (-2,9 magnitud). Dalam orbit ini, Jupiter lebih dekat daripada jarak rata-rata.

Akhir Oktober, Bumi dilintasi Komet

Komet Hartley 2 akan melintas bumi, tepatnya 11,2 juta mil dari Bumi pada pada 20 Oktober 2010, hanya seminggu sebelum komet ini melewati matahari dalam jarak dekat.

Komet ini boleh dilihat dengan mata kasar di daerah kampung, bukan di tengah bandar.

14 Desember, Hujan meteor Gemini

Hujan meteor gemini akan kembali terjadi. Sekitar 120 meteor per jam akan turun dan menciptakan fenomena yang indah.

20-21 Desember, Gerhana Bulan penuh

Amerika Utara mendapatkan 'posisi terbaik' untuk melihat fenomena gerhana bulan penuh ini. Untuk Timur AS dan Kanada, fenomena ini terjadi dini hari.

Untuk barat AS dan Kanada, fenomena ini terjadi pada tengah malam 20-21 Desember. Gerhana bulan ini akan terjadi selama 1 jam dan 14 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar